Berbagai Kegunaan Latihan Pull Up Untuk Tubuh

rethinkalberta.com – Secara garis besar, latihan pull up berguna untuk melatih otot tubuh bagian atas, khususnya untuk otot bagian punggung dan tangan. Demi memperoleh manfaat tersebut secara maksimal, Anda perlu memiliki tumpuan yang didesain kuat seperti halnya pull-up bar, ventilasi pintu rumah, atau palang tinggi. 

 

Jenis workout ini dilakukan dengan cara mengangkat sekaligus menggelantungkan tubuh pada suatu tumpuan.

 

Daftar Manfaat Pull-Up

Di bawah ini ialah beberapa manfaat olahraga pull-up yang dapat Anda peroleh.

  1. Memperkuat Otot Bahu, Lengan, dan Punggung

Sebagaimana disinggung sebelumnya, salah satu kegunaan dari olahraga ini ialah memperkuat otot bagian bahu, lengan, dan punggung. Olahraga tubuh atas ini perlu dilakukan secara teratur apabila Anda menginginkan peningkatan kekuatan pada area tersebut.

 

Adapun beberapa bagian musculus yang terlatih lewat olahraga ini adalah:

  • Latissimus dorsi atau musculus punggung atas yang membentang dari bawah tulang belikat dan ketiak ke punggung bagian tengah.
  • Trapezius, merupakan otot di area leher hingga kedua bahu.
  • Erector spinae atas, ialah otot yang membentang di sepanjang punggung bagian atas hingga tulang belakang.
  • Infraspinatus, adalah otot punggung di sekitar tulang belikat.

 

1. Melatih Kemampuan Genggaman Tangan

Selain itu, latihan ini juga dapat meningkatkan kemampuan Anda dalam menggenggam sesuatu. Apabila Anda adalah seseorang yang gemar berolahraga angkat beban, golf, tennis, atau panjat tebing, jenis workout seperti ini tentu akan sangat berguna.

 

Pun demikian dalam berbagai aktivitas sehari-hari. Mengangkat barang belanjaan, bermain gitar, atau membuka toples akan semakin mudah untuk dilakukan saat seseorang mempunyai genggaman tangan cukup kuat.

 

2. Meningkatkan Kesehatan Fisik

Pull-up sangat berperan dalam meningkatkan kesehatan fisik seseorang secara keseluruhan. Berdasarkan beberapa penelitian, terungkap bahwa seseorang yang rutin melakukan latihan kekuatan seperti pull-up, mampu mengurangi total lemak perut pada organ dalam, meningkatkan kesehatan jantung, serta mendukung kesehatan tulang.

 

3. Menjaga Berat Badan Ideal

Melaksanakan latihan kekuatan juga mampu menurunkan berat badan berlebih. Ini karena jenis olahraga kekuatan tidak hanya membakar kalori dalam tubuh, melainkan meningkatkan metabolisme sekaligus memperpanjang proses pembakaran kalori bahkan setelah latihan selesai dilangsungkan.

 

Dengan begini, Anda bukan hanya akan menjaga berat badan tetap ideal, namun juga terhindar dari resiko obesitas.

 

4. Menjaga Kesehatan Mental

Usut punya usut, pull up memiliki kegunaan untuk menjaga kesehatan mental seseorang loh! Dilansir dari salah satu penelitian terpopuler dalam dunia olahraga dan kesehatan, disebutkan bahwa kegiatan olahraga bisa berpengaruh positif terhadap kesehatan mental pelakunya. 

 

Pull-up diklaim mampu mengurangi gejala kecemasan, mengurangi resiko depresi, meningkatkan kepercayaan diri seseorang, juga meningkatkan fungsi kognitif, daya ingat, cara berpikir, serta ketajaman perhatian.

Baca Juga : Contoh Deskripsi Diri Singkat di CV

Itulah sejumlah manfaat dari pelaksanaan latihan pull-up secara rutin. Bagaimana menurut Anda? Ternyata, selain latihan pull-up berguna untuk melatih otot tubuh bagian atas, terdapat ragam manfaat lain yang tak kalah untuk diulik. Cukup menarik bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *