Contoh Deskripsi Diri Singkat di CV

rethinkalberta.com – Tidak semua orang bisa mendeskripsikan dirinya dengan baik. Khususnya jika ingin membuat deskripsi diri secara singkat kemudian dilampirkan pada Curriculum Vitae. Hal tersebut juga akan mempengaruhi penilaian HRD terhadap calon karyawannya. 

Dalam penulisannya menggunakan bahasa formal, baku, dan sopan karena menunjukkan sebuah keprofesionalitasan Anda sebagai pelamar kerja. Poin pentingnya yaitu buatlah data diri dengan singkat, padat, jelas, kemudian menarik orang untuk melihat dan membacanya.

Langkah Penulisan Singkat CV

Terdapat beberapa langkah dapat dijadikan acuan sebagai alur pembuatan CV itu sendiri, yaitu.

 

  • Tentukan Ide

 

Pastinya jika dalam membuat daftar riwayat hidup pastinya idenya adalah untuk melamar sebuah pekerjaan. Target audiens yaitu HRD, bagian personalia, user, direktur, dan beberapa jenjang lainnya. Carilah sebuah nada penulisan secara tepat.

Dapat juga menggunakan keseimbangan sebagai biografi kerja sebagai ringkasan LinkedIn kemudian biodata direktori perusahaan. Tambahkan detail pribadi unik namun tetap pada profesionalitas.

 

  • Meninjau Pokok Ide yang Harus Ada

 

Dalam sebuah CV biasanya beberapa hal seperti pengalaman kerja, kontak yang dapat dihubungi, data lain sesuai dengan data sebenarnya. Anda dapat mendeskripsikan secara singkat dengan 100 sampai dengan 30 kata yang mana telah mencakup informasi penting diri Anda.

 

Terlepas dari itu, pastikan urutannya jelas mulai dari informasi umum hingga informasi khusus. Tak menutup kemungkinan bahwa dapat menceritakan mengenai kelebihan serta kekurangan diri dalam bekerja.

 

 

  • Daftar Prestasi

 

Dalam data diri singkat, prestasi juga harus dicantumkan sesuai dengan bidangnya. Gelar akademis, penghargaan, serta prestasi profesional relevan. Fokuskan terhadap keahlian serta jangan mengungkapkan mengenai bagaimana Anda bekerja namun apa yang telah dikerjakan kemudian dapat ditulis di kolom ini.

 

 

  • Menggunakan Kata Kunci Profesional

 

Resume kerja biasanya menggunakan kata kunci spesifik terkait pada posisi yang dilamar. Kata kunci tersebut akan memudahkan HRD atau tim rekrutmen mudah mencari apa yang diinginkannya. Selain itu, dengan adanya kata tersebut akan memperlihatkan singkat serta profesional.

 

  • Penulisan Minat Relevan (Opsional)

 

Gambaran komprehensif di luar perusahaan dapat dilihat dari minat serta hobi kesukaan Anda. Hal ini selain akan memperlihatkan sisi lainnya terkait di luar pekerjaan juga menggambarkan bahwa Anda aktif. Hobi serta minat ini dibuat seprofesional mungkin agar menjadi penambahan daya tarik oleh HRD.

 

  • Desain Menarik

 

Selain isi atau konten dalam CV, maka yang harus disiapkan yaitu desain portofolio menarik. Jika desain Anda menarik maka akan menjadi resume calon karyawan pertama yang diambil oleh HRD. Buatlah secara sederhana tanpa banyak kombinasi warna, kemudian pastikan bahwa tidak terlalu berlebihan cukup dengan garis-garis serta warna netral.

Baca Juga : Belajar Cara Membuat Web HTML yang Bagus untuk Pemula

Untuk cara deskripsi diri secara singkat di CV, tidak ada pada konten di dalamnya saja. Namun, beberapa hal seperti penambahan konten hobi, minat, serta desain menarik juga akan memberikan gambaran pada diri Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *