Temukan Perangkat Saya Dengan IMEI

Setiap ponsel mempunyai IMEI/MEID yang berfungsi sebagai identitas resmi keluaran produsen HP untuk berbagai merk. Angka tersebut tidak sama dengan ponsel lain sehingga akan memudahkan pelacakan terhadap ponsel yang hilang maupun dicuri.

Cara Mudah Untuk Menemukan Nomor

Jika kita tidak mengetahui nomor tersebut, maka Anda dapat menemukannya dengan cara-cara berikut ini:

  • Ketuk *#06#

Cara termudah untuk menemukan nomor untuk semua jenis smartphone yaitu dengan menuliskan kode *#06# di keypad. Dengan begitu, maka Anda tidak perlu menekan tombol panggilan pada gawai, karena setelah menekan kode tersebut maka nomor akan secara otomatis muncul.

  • Simpan nomor IMEI

Menyimpan secara manual, karena nomor tersebut tidak dapat disalin langsung ke smartphone. Apabila perangkat anda tidak menampilkan IMEI atau MEID setelah menekan *#06#. Maka bisa memakai cara lain, yaitu memeriksa layanan ponsel yang digunakan jaringan GSM seperti AT&T memakai kode IMEI sedangkan CDMA seperti Verizon, memakai MEID.

 

Beberapa Langkah- Langkah yang Bisa Anda Terapkan

  1. Pada Iphone
  • Terletak pada bagian belakang iphone anyar. Kode ini bisa dilihat di bagian belakang di bawah merk iphone selular. Angka ini dapat dipakai untuk GSM maupun CDMA hanya saja nomor IMEI terdiri dari 15 angka, sedangkan MEID terdiri dari 14 angka, maka abaikan angka terakhirnya.
  • Periksa angka tersebut dengan ponsel lawas. Jika memakai Iphone 3G, 3Gs, 4 ataupun 4s, nomor ini tertera di tempat untuk menaruh kartu SIM.
  • Buka menu pengaturan > Tekan about/mengenai > tekan general/umum > Tekan tulisan IMEI/MEID untuk menyalin ke telepon.
  • Jika Iphone tidak dapat menyala, maka Anda dapat memeriksa menggunakan iTunes khusus computer. 

 

  1. Pada Android

Terdapat 2 metode yang bisa dilakukan  pada hp Android yakni sebagai berikut:

  • Di android buka menu pengaturan lalu ke bagian bawah dan pilih “Tentang Ponsel” sesudah itu tekan status lalu ke bawah sampai menemukan IMEI atau MEID, salin secara manual.

 

  • Mencari di bawah baterai. Caranya, matikan ponsel lalu buka tutup belakang handphone dan keluarkan baterai. Anda akan langsung menemukannya dalam gawai. Salin secara manual ke “Find My Device” perangkat akan terlihat.

 

  1. Pada Kardus Smartphone

Cara temukan perangkat saya dengan IMEI pada ponsel dapat dilihat pada kardus smartphone, Anda akan menemukan label barkode dan kode IMEI di belakang kardus smarphone original yang dibeli.

 

  1.   Lewat Akun AT&T

Cari website AT&T, klik tulisan myAT&T dan masuk memakai akun daring, cari widget bertuliskan profile, klik “Update My Profile” berwarna biru dan klik bagian “User Information”. Scroll ke bawah memakai jari sampai ketemu tulisan “Customer Sevice Summary & Contract” lalu klik “Wireless Customer Agreement”, file berbentuk PDF akan terund

Baca Juga : Macam-Macam Start Saat Sprint

Dengan mengetahui 4 metode yang dapat diterapkan untuk menjawab cara menemukan perangkat saya dengan IMEI pada handphone. Maka angka dalam perangkat akan mudah untuk ditemukan walaupun smartphone yang digunakan terdapat bebeapa kendala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *